DPMTSP Kab. Ponorogo. +6281332577080

Gaet Investor untuk Percepatan Tiga Proyek Sektor Pariwisata Strategis di Ponorogo

02 Juni, 2022 - 07:47

TIGA proyek strategis sektor pariwisata di Ponorogo mulai menggoda investor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggelar market sounding (penjajakan minat pasar) untuk pembangunan kawasan wisata monumen dan museum reog; air mancur menari di kawasan wisata Telaga Ngebel; serta sirkuit motor, Senin (30/5/2022). Puluhan investor berpartisipasi dalam market sounding yang berlangsung secara hybrid di Hotel Maesa itu.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi, market sounding bertujuan mendapatkan masukan dari calon ivestor terkait bentuk kerja sama. Bersamaan itu, menginformasikan proyek jauh hari sebelum masa tender. Pihaknya juga meyakinkan ke para calon investor bahwa tiga proyek strategis tersebut sudah melalui sejumlah tahapan yang benar.

‘’Mulai perencanaan, studi kelayakan, penunjukan pemrakarsa, sampai persetujuan DPRD,’’ kata Judha.

Tiga proyek strategis itu juga tidak lepas dari upaya mereformasi sektor pariwisata dan melestarikan reog sebagai kesenian asli Ponorogo. Pemkab Ponorogo sejatinya sudah menyiapkan dana awal untuk membangun kawasan wisata monumen dan museum reog di gunung gamping wilayah Sampung; water fountain (air mancur) menari di kawasan wisata Telaga Ngebel; dan sirkuit itu.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap adanya percepatan pembangunan jika ada peran investor. Dalam market sounding dipaparkan kelayakan bisnis dari tiga proyek strategis sektor pariwisata di Ponorogo itu. Namun, pihaknya juga sudah siap dengan pola pendanaan multi years (tahun jamak).

‘’Pemprov Jatim akan membantu 30 miliar rupiah untuk pembangunan monumen reog dan museum peradaban,’’ terangnya.

Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—menegaskan bahwa tiga proyek strategis sektor pariwisata itu layak secara sosial, budaya, maupun bisnis. Perencanaan proyek kini masuk tahap penyusunan detail engineering design (DED) berikut kajian lingkungan. Gambar-gambar desain beserta spesifikasinya itu bakal rampung dalam hitungan satu atau dua bulan.
Kang Bupati tetap berharap ada investor yang masuk hingga terjadi percepatan pembangunan tiga kawasan wisata strategis itu.

‘’Investasi itu tidak harus dalam bentuk kegiatan industri. Sektor pariwisata juga menarik bagi para investor,’’ jelasnya. (kominfo/fad/hw)

source: ponorogo.go.id