DPMTSP Kab. Ponorogo. +6281332577080

Pecahkan Rekor MURI, Belasan Ribu Anak di Ponorogo Menari Massal Krido Warok Cilik

17 Juni, 2022 - 09:23
 Kategori
 Tags :

Kabupaten Ponorogo lagi-lagi mencatatkan diri di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Kali ini Ponorogo berhasil memecahkan rekor Pagelaran Tari Krido Warok Cilik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan peserta terbanyak. Total 19.271 siswa PAUD serentak menari Krido Warok Cilik tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Ponorogo.

Piagam Penghargaan Rekor MURI diserahkan perwakilan MURI Sri Widayati kepada Kang Bupati Sugiri Sancoko selaku pemrakarsa di Aloon-aloon Ponorogo, Rabu (15/6/2022). Di waktu dan tempat yang sama, Kang Bupati Sugiri dan Bunda PAUD Susilowati Sugiri Sancoko turut menari bersama anak-anak PAUD.

“Sebelumnya sudah banyak prestasi Ponorogo yang kita catat di Muri. Hari ini, kami kembali hadir untuk memberikan prestasi spektakuler yang baru saja kita saksikan yaitu Tari Warok Krido Cilik oleh PAUD terbanyak yang diselenggarakan serentak di 21 titik di Ponorogo,” ungkap Sri Widayati.

“Kami mengumumkan bahwa Tari Krido Warok Cilik dengan peserta terbanyak, yakni 19.271 resmi tercatat di Museum rekor Indonesia,” tambahnya.

Selanjutnya, Nurhadi Hanuri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo mengatakan diadakan kegiatan ini ditujukan untuk menumbuhkan kreativitas dan menumbuhkan sikap percaya diri pada anak.

“Pada kesempatan ini Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PAUD Ponorogo mengadakan Pagelaran Seni Tari Krido Warok Cilik untuk mendorong anak-anak belajar dan berkreasi. Hal ini berdampak pada kreativitas anak, dengan menguasai gerakan-gerakan maka mereka akan percaya diri terutama saat tampil di panggung. Rasa percaya diri merupakan hal penting dalam masa tumbuh kembang anak,” ungkap Nurhadi.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri turut bangga atas terselenggaranya tari masal ini. Lebih jauh, kegiatan ini dijelaskan Kang Bupati sebagai penanda untuk menyiapkan masa depan lebih baik bagi anak-anak Ponorogo dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama dari semua pihak.

“Kita bersyukur luar biasa. Tari Krido Warok Cilik ini bukan hanya budaya saja tapi kita menyematkan kolaborasi untuk masa depan anak adalah tugas kita bersama. Mari kehidupannya kelak kita persiapkan dari sekarang. Agar masa depannya hebat dan bermartabat,” ungkap Kang Bupati Sugiri.

source: https://prokopim.ponorogo.go.id/