DPMTSP Kab. Ponorogo. +6281332577080

LAUNCHING NDALEM OLEH - OLEH GADUNG MELATI

17 April, 2023 - 09:18
 Kategori
 Tags :

Sabtu, 15 April 2023 bertempat di Jalan Aloon – aloon selatan Komplek Panggung Utama telah berlangsung Launching Ndalem Oleh – Oleh Gadung Melati.

Peresmian tersebut diantaranya dihadiri oleh Kepala Bakorwil Madiun dan Ibu, Bupati Ponorogo, Ibu Susilowati Sugiri selaku Ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati, Forkopimda, Camat, Pelaku IKM dan UMKM serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Bakorwil  Madiun Bapak R. Heru Wahono Santoso, sekaligus membuka Ndalem Oleh - Oleh Gadung melati menyampaikan antara lain bahwa

  • Ekonomi di Jawa Timur pasca pandemi mencapai 4,76%. Perekonomian sudah bangkit. Dengan menungkit menggerakan perekonomian di daerah.
  • Syarat daerah maju ada 3 kunci yaitu inisiatif, kolaborasi, inovasi (IKI).
  • Usaha UMKM patut untuk didukung dan memberikan akses. Majunya UMKM tergantung 3 hal yatu modal, pemasaran dan memberikan pelatihan pelaku UMKM.
  • Mengapresiasi upaya tim penggerak PKK untuk tumbuh menjadi besar. UMKM mempunyai kontribusi sampai 60 % pada PDRB. Dalam pemasaran harus kolaborasi dengan digital marketing atau market place yang merupakan wadah bagi ekonomi kreatif dengan produk  lokalnya.
  • Hasil survey BPS 64% pelaku UMKM adalah perempuan.

Bupati Ponorogo juga menyampaikan bahwa karya kecil ini merupakan inisiasi dari Tim Penggerak PKK yang berpikir agar ada ruang untuk UMKM. Terkait dengan nama Gadung Melati Kang Bupati menjelaskan bahwa nama tersebut terinspirasi dari sebuah batik udeng ikat hitam putih khas Ponorogo yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Beliau juga menuturkan agar UMKM dibina dengan baik agar tumbuh besar dan bisa dimasukan pada e-katalog.

Semoga dengan dibukanya Ndalem Oleh – Oleh Gadung Melati memberikan dampak positif kepada perekonomian di Kabupaten Ponorogo.


#PonorogoHEBAT

#pkkhebatponorogobermartaba